Site Loader
7 Tips Terbaik untuk Berkeliling Indonesia

Bepergian keliling Indonesia bisa jadi rumit, terutama jika Anda baru pertama kali ke sana. Tapi jangan takut, kami punya semua info yang perlu Anda ketahui. Sangat menggoda untuk melakukan seperti yang dilakukan kebanyakan turis dan hanya terbang ke Bali dan bersantai di pantai, tetapi jika Anda ingin menjelajah lebih jauh, Anda harus mencari tahu tentang pesawat, kereta api, mobil, dan banyak lagi.

1. Menjelajahi Lebih Banyak Daratan dengan Maskapai Lokal

Maskapai milik negara di sini adalah Garuda Indonesia, yang terbang antara kota-kota besar negara dan pulau-pulau terpencil. Lion Air dan AirAsia juga menawarkan layanan domestik. Tentu, ada feri di antara pulau-pulau utama Indonesia, tetapi terbang hampir selalu merupakan pilihan yang lebih cepat.

PS Pastikan untuk tiba dua jam lebih awal, karena sering kali penumpang mendapati reservasi mereka diubah atau dibatalkan pada menit terakhir.

2. Sewa Ojek untuk Jalan-Jalan

Pengendara sepeda motor ini adalah cara tercepat untuk menavigasi lalu lintas Jakarta yang sibuk! Anda akan menemukannya di luar terminal bust atau hanya berkeliaran, atau Anda dapat memesan (seperti Uber) di aplikasi smartphone Go-jek .

Sewa ojek selama satu jam atau lebih dan minta kendaraan Anda mengantar Anda ke semua tempat wisata utama. Ini jauh lebih murah daripada tur pribadi!

3. Unduh Peta Offline

Unduh aplikasi seperti Maps.me ke ponsel Anda untuk mengakses peta saat tidak ada WiFi. Ini penting ketika tiba di negara baru tanpa koneksi. Menemukan hotel. Menggunakan taksi. Pada dasarnya, tidak tersesat.

Baca Juga:  Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendapatkan Asuransi Perjalanan

4. Pesan Tiket Online Melalui Bookaway

Anda dapat membeli tiket kereta api dan bus dll di tempat di jendela yang disebut loket, tetapi siapa yang ingin menghabiskan liburan mereka menunggu dalam antrean? Ditambah lagi, layanan feri selalu sibuk sepanjang tahun, terutama pada waktu puncak perjalanan selama akhir pekan dan hari libur nasional.

Jadi, untuk memudahkan perjalanan keliling Indonesia, Anda bisa memesan tiket kereta api, bus pribadi, dan feri jauh-jauh hari melalui Bookaway atau Promo ID88.

5. Feri Adalah Cara Terbaik untuk Menjelajahi Pulau

Dari ibu kota Jakarta di Pulau Jawa, Anda dapat naik feri ini dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni di pulau tetangga Sumatra. Jika Anda ingin menuju pulau Bali melalui jalur air, Anda bisa menuju Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi terlebih dahulu dan menikmati perjalanan sekitar 45 menit dari Pelabuhan Gilimanuk di Bali Barat.

6. Maksimalkan Minibus Wisata di Bali, Lombok dan Jawa

Kecuali Anda memiliki anggaran yang sangat terbatas, manfaatkan banyak angkutan minibus wisata di daerah-daerah seperti Bali, Lombok dan Jawa. Antar-jemput praktis ini pergi di antara tempat-tempat menarik dan harganya cukup terjangkau.

7. Dan Harapkan Perjalanan Panjang dengan Angkutan Umum

Bus umum di sini biasanya berangkat tepat waktu dan sangat murah, tetapi waktu tempuhnya bisa sangat lama. Pulau-pulau besar seperti Jawa dan Sumatera juga dapat diakses dengan bus umum, dengan harga mulai dari kelas ekonomi hingga VIP.

Baca Juga:  InterContinental Resort Bawah Tanah Dibuka di Tiongkok

Minibus umum dikenal sebagai bemo atau angkot, mengoperasikan rute standar yang naik dan turun di jalan. Ketahuilah bahwa Anda mungkin menunggu beberapa saat: pengemudi tidak bergerak sampai bus memenuhi kapasitasnya.

Post Author: Candra