Site Loader
7 Tempat Wisata Terbaik di Aceh yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat Wisata di Aceh adalah tempat yang sangat lengkap. Mulai dari wisata alam, wisata keluarga, wisata anak-anak, air terjun, hingga dataran tinggi Danau di Aceh. Nah kita akan membahas beberapa tempat wisata di Aceh yang cocok untuk wisatawan mancanegara.

1. Masjid Agung Baiturrahman

Masjid ini didirikan pada 1606-1636, tepatnya pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Masjid ini awalnya dibangun dengan tujuan untuk digunakan sebagai pusat pengajaran ilmu agama di nusantara.

Tempat wisata Aceh, berupa masjid besar memiliki interior dan eksterior yang memiliki gaya kesultanan Turki yang sangat khas Ustamani. Bangunan masjid didominasi oleh warna putih dengan kubah hitam besar dan ada 7 menara yang mengelilinginya.

Bagian luar masjid dihiasi dengan kolam dan air mancur di halaman masjid Baiturrahman. Taman ini penuh dengan rumput hijau segar, membuat pemandangan masjid terlihat sangat keren dan indah.

Karena keindahannya yang indah ini, tidak salah jika masjid tempat wisata Aceh termasuk dalam 100 masjid terindah di dunia.

Masjid ini telah mengalami renovasi hingga 5 kali serta beberapa area ekspansi. Bahkan, masjid ini telah menjadi tempat berteduh bagi masyarakat Aceh ketika tsunami melanda pada 2004.

2. Museum Tsunami

Museum Tsunami Aceh adalah museum yang dirancang sebagai monumen simbolis untuk gempa bumi dan bencana tsunami Samudra Hindia 2004. Pada saat yang sama pusat pendidikan bencana dan tempat penampungan darurat seandainya tsunami terjadi lagi.

Museum ini adalah bangunan empat lantai dengan luas 2.500 m² yang dinding lengkungnya ditutupi dengan relief geometris. Di dalam, pengunjung masuk melalui lorong sempit dan gelap di antara dua dinding air yang tinggi, untuk menciptakan kembali suasana dan kepanikan selama tsunami.

Dinding museum wisata Aceh dihiasi dengan gambar-gambar orang menari ke Saman. makna simbolis pada kekuatan, disiplin, dan kepercayaan agama orang Aceh. Dari atas, atap membentuk gelombang laut.

Di tempat wisata di Aceh ini, ada ruang khusus untuk mengenang para korban yang terbunuh saat tsunami 2004. Di ruangan ini semua nama orang mati diukir di dinding dan di ujung atas tertulis lafadz Allah. Ruang ini dinamai Ruang Kesedihan atau Sumur Doa.

3. Pulau Weh

Tempat wisata Aceh Sabang adalah kota wisata yang paling banyak dikunjungi. Bagian paling ujung dari pulau Indonesia juga merupakan kota dengan pantai-pantai indah yang masih bersih dan alami.

Sabang sangat terkenal dengan pantainya yang indah. Pantai-pantai di Sabang dikenal sangat alami, dengan air laut yang sangat jernih.

4. Air Terjun Suhom

Lokasi tempat wisata di Aceh Air Terjun Suhom memang tersembunyi di balik pegunungan. Pengunjung dapat bertanya kepada komunitas lokal atau memanfaatkan bantuan gps. jalan menuju air terjun cukup sempit dan hanya bisa dilewati oleh satu mobil. Air Terjun Suhom memiliki tiga tingkat, dengan keindahan yang berbeda. Di sekitar air terjun ini juga dipenuhi dengan batu-batu besar, yang dapat digunakan oleh pengunjung ke tempat-tempat wisata Aceh untuk duduk santai sambil menikmati percikan air terjun segar.

Di air terjun ini ada kolam di bawah air terjun. Kolam ini memiliki kedalaman sekitar 2 meter dan lebar 5 meter sehingga tidak disarankan bagi anak kecil untuk berenang di kolam ini.

5. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk adalah salah satu tempat wisata andalan di Aceh, khususnya Banda Aceh. Di kawasan pantai ini ada garis pantai yang memiliki panjang sekitar 5 kilometer dan membentuk teluk kecil yang cukup indah dan unik. Barisan pohon pinus yang begitu subur menciptakan suasana sejuk dari tempat wisata Aceh ini. Juga deretan gunung hijau menjadi latar pemandangan alam yang bisa memukau mata. Pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat menyalurkan hobi berselancar mereka.

Di pantai, objek wisata di Aceh ini juga tersedia perahu Pisang dan olahraga air lainnya yang memang disajikan untuk pengunjung sambil menikmati keindahan alam. Ada juga lapangan golf Seulah yang menampilkan latar belakang ombak yang bergulir.

Tempat ini berada di ujung pantai dan cukup unik. area penginapan yang berada di atas tebing membuat pemandangan terlihat sangat indah.

6. Pulau Rubiah

Pulau yang indah ini terletak di barat laut Pulau Sumatra. Pulau Rubiah adalah bagian dari wilayah kota Sabang, Pulau Weh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Pulau Rubiah terletak tepat di barat laut pulau Weh.

Pulau wisata Aceh, yang memiliki luas sekitar 26 hektar, sekarang menjadi salah satu tujuan wisata internasional karena banyak wisatawan datang tidak hanya dari Indonesia tetapi juga dari negara-negara Asia, Eropa dan Amerika.

Karena terkenal akan pesona kekayaan bawah laut Taman Laut Rubiah atau Taman Laut Rubiah juga dijuluki sebagai surga bagi penyelam. Ada banyak tempat menyelam di sekitar Pulau Rubiah. Tidak hanya menyelam, ada juga banyak spot snorkeling yang indah.

Selain snorkeling ada juga tur ziarah, makam wanita pertama di pulau ini, Rubiah. Dia adalah salah satu wanita pertama yang datang ke Pulau Rubiah sampai dia meninggal di pulau ini.

Selama masa kejayaan Kerajaan Aceh, tempat-tempat wisata Pulau Rubiah Aceh adalah titik transit bagi calon jamaah haji, dan selama Perang Dunia pulau itu adalah sebuah benteng yang masih terlihat dari reruntuhan benteng.

7. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar, itulah nama yang diberikan oleh suku Gayo asli untuk danau seluas 5472 hektar. Tempat wisata berupa danau di Aceh ibarat hamparan permadani berwarna. Sama seperti sisa-sisa air laut yang terperangkap di darat selama badai besar ribuan tahun yang lalu.

Selain bersantai di tepi Danau Laut Tawar sambil menikmati secangkir Kopi Gayo yang legendaris, pengunjung dapat berwisata ke Danau Laut Tawar dengan perahu motor, atau memancing. Ada juga penyewaan sepeda di sekitar danau.

Sambil menikmati gemericik suara air, pengunjung ke tempat wisata Aceh ini dapat menikmati pemandangan di sekitar Danau dalam bentuk pegunungan. Gunung yang berdiri kokoh ditumbuhi hutan yang dijaga cukup dan tidak tersentuh tangan manusia.

Danau Laut Tawar kini telah menjadi salah satu spot foto yang menjadi incaran banyak petualang, terutama petualang milenial. Tempat foto fotogenik ini adalah salah satu alasan kuat mengapa begitu banyak orang datang ke sini.

Salah satu sudut yang cukup indah dan tampaknya cocok untuk saluran media sosial Anda adalah dermaga kayu hitam di Danau Laut Tawar. Dermaga ini memiliki beberapa ujung yang dapat Anda pilih, jika ada perahu di ujungnya, Anda dapat meminjam atau menyewakannya kepada pemilik.

Post Author: Candra