Site Loader
10 Taman Nasional di Swedia yang Mampu Memikat Hati

Lanskap alam Swedia yang menakjubkan berkisar dari tundra Arktik yang terpencil hingga ngarai vulkanik yang dalam dan bentang laut yang luas. Bersiaplah untuk membenamkan diri Anda di alam liar taman nasional paling indah di Swedia. Tanah yang sering kali dingin namun subur ini kaya dengan satwa liar yang unik dan menarik, dan merupakan tugas taman nasional di Swedia untuk melindungi dan melestarikan ekologi ini untuk generasi mendatang.

Taman nasional mencakup wilayah yang luas, mencapai bagian yang sangat terpencil di negara ini. Banyak taman nasional menawarkan kesempatan bagi pengunjung untuk mengalami pemandangan yang menawan, dengan rute hiking yang ditandai dengan baik di sepanjang punggung bukit dan ke puncak tempat pengamatan. Ketika salju terlalu tebal di tanah, bepergian dengan kereta luncur anjing atau menggunakan sepatu salju adalah satu-satunya cara untuk bepergian.

1. Taman Nasional Muddus

Jika Anda mencari sedikit kedamaian dan ketenangan, maka Anda harus pergi ke taman nasional ini; diklaim bahwa Muddus adalah tempat paling tenang di seluruh Swedia. Keheningan turun ke hutan purba taman yang menyelimuti sebagian besar taman, menyerap semua kebisingan.

Lanskap taman ini beragam – dari sungai Muttosädno yang berkelok-kelok dari tanah rawa di selatan sampai ke air terjun Muddus, ke ngarai kotak Måskosgårsså – ngarai sempit yang terlihat seperti celah di tanah.

Hiking di taman menawarkan kesempatan untuk mengikuti rute migrasi kuno melewati pemukiman tua, dan kabin yang buka sepanjang tahun bagi pengunjung untuk bermalam. Musim gugur di taman ini sangat ajaib, dengan datangnya kabut misterius dan spektrum warna merah dan auburn berkarat saat dedaunan berubah warna.

2. Taman Nasional Farnebofjarden

Dibentuk oleh sungai Dalälven yang mengalir melaluinya, Taman Nasional Färnebofjärden – dengan jeram dan teluknya yang lebar – adalah tempat yang indah bagi ikan, burung, dan tanaman untuk berkembang biak. Lanskap taman sangat terpengaruh oleh banjir di Musim Semi, yang membentuk kontur dan memberi makan tanah, menciptakan habitat unik dataran banjir, rawa tepi sungai, padang rumput hijau, dan hutan tua.

Lebih dari 205 spesies burung hidup di dalam Färnebofjärden – yang merupakan daya tarik besar bagi banyak pengunjung – serta rusa, elk, lynx, dan berang-berang. Dengan banjir di daratan, pulau-pulau muncul, dan cara terbaik untuk menjelajahinya adalah dengan menyewa kano dan melintasi saluran air.

Temukan diri Anda tempat yang ideal untuk mendirikan kemah di tepi air dan memancing di sungai yang melimpah atau mencoba menangkap ikan salmon di jeram Gysinge yang kasar.

3. Taman Nasional Kosterhavet

Satu-satunya taman laut di Swedia, Taman Nasional Kosterhavet adalah surga bagi satwa liar pesisir dan pelestarian pesisir. Taman ini berbatasan dengan Norwegia dan pemandangan Atlantiknya, menyediakan lebih dari 6.000 jenis kehidupan laut yang sangat beragam, termasuk karang air dingin. Wisatawan tertarik ke taman untuk mengalami hamparan alam yang aneh dan tenang.

Cara terbaik untuk melihat pemandangan ini adalah dengan berkayak di musim gugur, saat Anda mungkin berkesempatan melihat beberapa anjing laut. Kayak juga memungkinkan pengunjung untuk mencapai pulau-pulau kecil terpencil di mana anjing laut berjemur. Di musim panas, laut cukup hangat untuk snorkeling, yang membuka dunia bawah laut – atau Anda dapat melakukan perjalanan perahu ke daerah yang lebih jauh.

4. Taman Nasional Stenshuvud

Tebing terjal, hutan lebat, dan pantai berpasir membentuk Taman Nasional Stenshuvud yang memikat. Bagian yang indah dari pantai Swedia, taman ini sangat cocok untuk hiking. Salah satu rute terbaik melalui taman membawa Anda dari permukaan laut hingga ketinggian 100 meter, di mana pemandangan matahari terbenam sangat mempesona.

Pendakian melalui taman diberi kode warna untuk kesulitan. Beristirahatlah sejenak di puncak puncak, dengarkan kicau burung dan nikmati pemandangan laut. Pantai adalah tempat yang populer bagi para penyembah matahari dan keluarga di bulan-bulan musim panas; itu bagus untuk menghabiskan hari-hari bersantai, menikmati piknik, bermain di ombak atau berenang.

Ini adalah jenis pemandangan yang, selama bulan-bulan musim panas ketika matahari bersinar, akan tampak seolah-olah Anda berada di pantai di tempat tropis. Tapi taman Swedia paling selatan ini lebih dari sekadar pantai yang indah; hutan taman menyediakan rumah bagi berbagai macam kehidupan tanaman, termasuk spesies langka seperti stroberi tandus. Pusat pengunjung menawarkan informasi dan tips tentang cara mengidentifikasi fauna dan fauna.

5. Taman Nasional Tiveden

Tersesat di alam dan alami pedesaan Swedia di taman berbukit dan pegunungan ini yang telah dibentuk selama ribuan tahun oleh gletser. Dengan hutan lebat yang hanya ingin dijelajahi dan danau biru yang berkilauan untuk berenang, Tiveden seperti taman bermain bagi para penjelajah lingkungan.

Rute trekking yang ditandai membawa pengunjung di sepanjang jalan bergelombang, di atas batu-batu besar dan di sepanjang celah berbatu untuk mengekspos pemandangan puncak pohon yang megah. Taman ini tidak dipenuhi turis dan sebagian besar terasa seperti daerah terpencil dan jauh, meskipun mudah dicapai melalui jalan raya. Bagi penggemar berkemah taman ini adalah mimpi: mendirikan tenda Anda di bulan-bulan musim panas, menghabiskan malam di bawah bintang-bintang dan bangun untuk matahari terbit di atas danau.

6. Taman Nasional Padjelanta

Diterjemahkan sebagai ‘tanah yang lebih tinggi’ dalam bahasa asli Lulesámi, Padjelanta adalah taman nasional terbesar di Swedia. Peluang hiking di sini beragam dan relatif mudah. Ada pilihan untuk mencoba pendakian singkat setengah hari, atau mencoba perjalanan semalam yang lebih lama dan menginap di penginapan taman semalaman.

Padjelanta terkenal dengan kehidupan tanamannya yang beragam dan berlimpah, banyak di antaranya dapat dilihat di sepanjang jalan setapak. Ada juga banyak spesies burung yang berbeda yang dapat dilihat hidup di taman, dari elang emas yang kuat hingga cerek emas Eropa yang mungil, antara lain.

Pendaki yang mengambil rute sulit mendaki lereng gunung bergigi terbayar dengan pemandangan menakjubkan di seberang danau besar Virihávrre, Vastenjávrre dan Sáluhávrre, yang bersama-sama telah diberi gelar pemandangan paling indah di Swedia.

7. Taman Nasional Skuleskogen

Gunung, hutan, laut, dan danau – Taman Nasional Skuleskogen tidak pernah berhenti memukau. Musim panas di Skuleskogen mengantarkan pemandangan laut Baltik yang berkilauan dan alam yang mekar berlimpah. Jalan setapak melalui taman membawa pengunjung melewati sisa-sisa hutan pantai kuno, hutan hijau, menelusuri sungai dan tundra berbatu untuk mengungkapkan pemandangan menakjubkan di seluruh negeri.

Ada kesempatan bagi pengunjung untuk bermalam di salah satu pondok kayu di dalam batas taman. Menginap di malam hari berarti lebih banyak waktu yang dihabiskan untuk menikmati hiking dengan kecepatan lebih lambat, ditambah bangun untuk melihat matahari terbit di atas puncak pohon.

Hal terbaiknya adalah kabinnya gratis untuk digunakan – pastikan untuk check-in di pusat pengunjung saat Anda pertama kali tiba. Musim dingin bersalju dan dingin, tetapi dengan es, keindahan taman terungkap di negeri ajaib yang indah dari pinus berlapis salju dan danau yang tertutup es.

8. Taman Nasional Sarek

Seperti gambar dari planet lain, lembah glasial bergerigi di Taman Nasional Sarek, puncak bergerigi, dan sungai yang bergejolak merupakan tantangan bagi banyak pengunjung. Taman nasional terpencil ini sangat terpencil dan menawarkan kesempatan bagi pejalan kaki petualang untuk berpetualang melalui lanskap yang dipenuhi beruang coklat, lynx, dan rusa besar, sementara burung pemangsa berputar-putar di atas kepala.

Tidak banyak jalan setapak yang ditandai melalui taman, sehingga sebagian besar masih belum tersentuh. Tetapi puncak pegunungan tidak sepenuhnya tidak dapat diakses dan, dengan bantuan pemandu hutan belantara, keangkeran Sarek dapat dibuka.

Masih mungkin untuk melihat desa-desa masyarakat adat Sami di dalam batas-batas taman, di mana mereka telah hidup dan mempraktikkan adat tradisional selama ribuan tahun. Ini adalah taman untuk penjelajah yang giat, tetapi semua kerja keras trekking melalui tundra bersalju mudah terbayar dengan sekilas cahaya utara.

9. Taman Nasional Tyresta

Tyresta terletak di pinggiran Stockholm dan populer di kalangan pelancong harian dari kota. Berada dalam jangkauan kota besar berarti Tyresta adalah tempat yang sempurna untuk mengajarkan pengunjung tentang menghormati alam dan menikmati lingkungan luar. Lanskap lembah celah taman adalah habitat ideal bagi banyak spesies hewan yang hidup di dalam hutan purba yang melapisi lereng.

Beberapa pohon pinus di perbatasan taman berusia lebih dari 400 tahun, pemandangan yang luar biasa bagi pengunjung. Dengan jalan setapak yang berkelok-kelok melewati danau dan di sepanjang punggung bukit, ada pilihan jalan setapak dengan tingkat kesulitan yang bervariasi, yang berarti pemandangan yang indah dapat diakses oleh banyak orang.

Desa Tyresta sendiri adalah kota abad ke-18 yang menawan dan terpelihara dengan baik yang bertindak sebagai pintu gerbang ke taman ini adalah tempat yang sangat baik untuk mempelajari lebih lanjut tentang jalur hiking dan satwa liar asli.

10. Taman Nasional Abisko

Lanskap megah Abisko sebenarnya adalah salah satu taman nasional termudah di Swedia untuk dijangkau. Terletak di Laplandia Swedia, taman ini merupakan habitat magis dan beragam yang meliputi fjord dan air terjun, hutan, dan pegunungan yang tertutup salju.

Pemandangan yang indah menarik banyak pengunjung – bahkan, Abisko adalah taman nasional yang paling banyak dikunjungi di negara ini. Kegiatan di taman merupakan daya tarik besar bagi banyak wisatawan yang datang untuk mencoba hiking di perbukitan bergelombang, ski lintas alam, dan bahkan naik kereta luncur anjing.

Pada bulan-bulan musim panas, suhu tetap relatif sejuk, tetapi sinar matahari 24 jam berarti kesempatan untuk mendaki sepanjang hari jika orang menginginkannya. Lanskap hiruk pikuk taman adalah rumah bagi beberapa satwa liar yang luar biasa: rubah kutub, rusa kutub, rusa, lemming, dan bahkan serigala hidup di antara hutan boreal dan dataran salju.

Post Author: Candra