Site Loader
10 Taman Nasional Finlandia yang Memukau Nan Mempesona

Lanskap luas yang luas, hutan kuno, danau yang dalam, sungai yang mengalir deras, dan puncak berlapis salju membuat alam luar di Finlandia benar-benar ajaib dan benar-benar tak terlupakan. Taman nasional Finlandia adalah surga bagi pecinta alam dan pengunjung yang ingin merasakan kehidupan di alam liar Eropa yang terjal. Terletak dekat dengan Lingkaran Arktik, taman ini adalah rumah bagi beragam satwa liar yang hidup di antara dataran bersalju dan sungai yang jernih.

Beruang dan burung langka yang tidak ditemukan di tempat lain menyebut taman sebagai rumah. Pengunjung ke banyak taman tertarik dengan pengaturan jarak jauh untuk mengalami tontonan mengagumkan yaitu cahaya utara. Lokasinya yang terpencil membuat taman nasional yang dekat dengan Lingkaran Arktik ini sempurna untuk melihat sekilas lampu warna-warni yang menari di langit malam.

1. Taman Nasional Pallas-Yllastunturi

Taman nasional ini tidak hanya sangat indah, tetapi juga terletak di area magis Lapland, di mana Arktik menjadi tempat yang sempurna untuk melihat cahaya utara. Trek di sepanjang perbukitan yang ditumbuhi pepohonan menawarkan pemandangan panorama ke seluruh lanskap yang, di bulan-bulan musim dingin, hampir terlihat seolah-olah Anda berada di dalam kartu Natal.

Udara pegunungan Alpen yang murni sangat segar dan segar, dan lahan berlapis salju sangat ideal untuk ski lintas alam. Jelajahi dari puncak bukit ke puncak bukit dan habiskan malam dalam kehangatan dan kenyamanan pondok hutan belantara taman. Pusat pengunjung dapat membantu memandu Anda ke tempat terbaik untuk melihat aurora.

Pada malam yang cerah, Pallas-yllästunturi adalah salah satu tempat terbaik di negara ini untuk melihat iluminasi. Menginap semalam juga meningkatkan peluang untuk melihat satwa liar yang menyebut area tersebut sebagai rumah – termasuk beruang!

2. Taman Nasional Nuuksio

Seperti gambar dari buku cerita lama, Nuuksio adalah sepotong ketenangan pemandangan yang klasik Finlandia. Mudah dijangkau dari ibu kota Finlandia, Helsinki, alam liar taman ini menarik banyak pelancong harian yang ingin melarikan diri dari kehidupan kota dan menghabiskan waktu di antara keindahan hutan dan danau. Di musim dingin, Nuuksio diselimuti hujan salju tebal, yang lebih dari mengundang bagi para pemain ski dan penggemar hiking musim dingin.

Kurang dari hutan belantara yang terpencil daripada taman nasional lainnya di negara ini, danau di taman ini populer di kalangan sekelompok orang. Di bulan-bulan yang lebih hangat, pengunjung menikmati menghabiskan waktu di tepi air dengan berjemur dan berbagi piknik. Berkemah juga populer di musim panas, dan merupakan kesempatan fantastis untuk merasakan satwa liar yang hidup di sini. Nuuksio adalah rumah bagi tupai terbang Siberia dan burung kayu, yang merupakan spesies terancam, jadi pastikan untuk mengawasi mereka jika Anda berkunjung.

3. Taman Nasional Repovesi

Hanya beberapa jam di utara Helsinki terdapat Taman Nasional Repovesi, lanskap murni yang telah berhasil dipulihkan dari penebangan bertahun-tahun. Taman ini sekarang menjadi surga bagi hewan yang hidup di antara pohon pinus dan birch yang tumbuh subur di sini.

Aliran sungai dan danau mengalir dengan mantap melalui Repovesi dan menyediakan air minum untuk kelimpahan satwa liar, termasuk rusa dan beruang, yang hidup di perbatasan taman. Danau dan sungai menyediakan tempat yang sempurna untuk pejalan kaki dan pendaki yang tajam, tetapi untuk aktivitas yang tidak terlalu berat, luangkan waktu di dek observasi, atau berjalan-jalan di sepanjang jembatan gantung.

4. Taman Nasional Hossa

Dilabeli sebagai hutan belantara paling murni di Eropa, mengunjungi Hossa hampir seperti melangkah mundur ke masa lalu. Kemegahan lanskap benar-benar menawan – danau sebening kristal, hutan pinus, dan kekayaan satwa liar menjadikannya tujuan yang benar-benar istimewa.

Taman ini dibentuk oleh zaman es terakhir, dan dengan tiga saluran air dan 130 kolam, area ini ideal untuk kegiatan seperti panjat tebing dan kano. Banyak lukisan batu kuno telah ditemukan di Hossa, sejak ribuan tahun yang lalu gambar-gambar itu menggambarkan beruang yang masih dapat terlihat di taman sampai sekarang.

Taman ini mudah diakses dengan jalur bersepeda dan jalan kaki yang terpelihara dengan baik, ideal untuk keluarga dengan anak kecil.

5. Taman Nasional Nusantara

Hamparan luas Taman Nasional Kepulauan kaya akan keanekaragaman hayati dan budaya tradisional Finlandia. Area taman meliputi pulau-pulau dan daratan, di mana banyak desa merupakan rumah bagi penduduk setempat.

Kepulauan ini terdiri dari lebih banyak pulau daripada yang lain di dunia, dan pulau-pulau kecil yang berangin dan berbatu terletak di samping lahan pertanian dan padang rumput. Ada feri yang beroperasi di antara pulau-pulau, yang mengantar penduduk dan pengunjung ke tujuan mereka sepanjang tahun.

Daya tarik utama taman nasional adalah olahraga air; banyak orang datang ke kano di sekitar pulau-pulau menawan, sementara yang lain menikmati wisata berlayar. Di bulan-bulan musim dingin, beberapa pengunjung yang berani bahkan bermain ski di laut beku!

6. Taman Nasional Riisitunturi

Terletak di Laplandia Finlandia, taman nasional ini sangat indah. Di musim dingin, hujan salju tebal menutupi hutan lebat dan struktur bersalju aneh menggantung dari pepohonan. Selama bulan-bulan musim panas, salju mencair untuk mengungkapkan lanskap yang subur dan murni, di mana rawa memberi makan flora dan fauna, menciptakan habitat yang hidup dan berwarna-warni.

Ada beberapa rute hiking yang menakjubkan yang melintasi taman. Mendaki ke perbukitan sangat bagus untuk menjelajahi Cagar Alam Lumpur Iso-Karitunturi dan dari atas, pemandangan Danau Kitkajärvi sangat indah. Taman ini sempurna untuk snowshoeing, yang merupakan keajaiban khusus selama malam yang diterangi cahaya bulan, ketika pengunjung dapat melihat sekilas satwa liar nokturnal.

7. Taman Nasional Pyha-Luosto

Taman nasional ini adalah rumah bagi hutan purba, perbukitan terjal, dan ngarai tak berdasar yang membelah lanskap. Punggungan yang membentang melalui Pyhä-Luosto adalah sisa-sisa salah satu pegunungan tertua di planet ini.

Dicintai oleh penggemar olahraga musim dingin, wisatawan mengunjungi Pyhä-Luosto untuk menikmati ski lereng yang menakjubkan selama musim dingin; desa-desa yang mengelilingi resor ski adalah tempat yang ideal untuk menghabiskan beberapa malam.

Bulan-bulan musim panas membawa pejalan kaki yang tertarik untuk berjalan di jalur sepanjang 120 mil yang meliuk-liuk di taman – terutama jalur legendaris antara dua tebangan terkenal, Pyhä dan Luosto. Pencinta alam juga datang ke sini untuk melihat banyak hewan yang tinggal di taman. Berang-berang, beruang coklat, rusa besar, dan rusa kutub semuanya dapat terlihat pada waktu yang berbeda sepanjang tahun, serta 128 spesies burung berbeda yang hidup di dalam Pyhä-Luosto.

8. Taman Nasional Oulanka

Kasar dan serbaguna, ekosistem Arktik Oulanka berpusat di sekitar lembah sungai yang deras, hutan pinus, dan rawa-rawa besar. Hutan taman benar-benar tak tersentuh; tidak ada penebangan yang pernah terjadi di sini.

Seiring dengan sungai-sungainya yang unik dengan tepian berpasir dan jeram yang kuat, taman ini adalah surga bagi satwa liar. Ikan trout coklat yang melompat menarik banyak wisatawan – seperti halnya air terjun paling mengesankan di negara ini. Jembatan gantung dan jalan setapak menyambut pengunjung untuk menikmati pemandangan sungai, atau ada pilihan untuk menyewa kayak.

Rute pendakian yang terpelihara dengan baik sangat ideal untuk pecinta alam, dan ada tembok besar yang bisa ditentang oleh pemanjat tebing.

9. Taman Nasional Koli

Kaya akan warisan budaya, Taman Nasional Koli memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Pemandangan taman yang mempesona menawarkan pengunjung kesempatan untuk menghabiskan waktu bersantai di antara alam. Mudah dijangkau oleh pelancong harian, tetapi ada penginapan bagi mereka yang memilih untuk bermalam.

Rumah bagi Danau Pielinen yang sangat indah, taman ini telah memikat banyak seniman dan fotografer Finlandia, yang datang untuk mencoba dan menangkap keindahan lanskap sekitarnya menghasilkan banyak lukisan terkenal dari pedesaan Finlandia yang ikonik.

10. Taman Nasional Urho Kekkonen

Sungai Suomujoki mengalir melalui taman ini, membelah lanskap dan menciptakan beragam habitat yang indah tanpa henti. Ada beberapa rute pendakian menawan yang melintasi taman dan mudah diakses oleh pengunjung yang ingin merasakan alam liar yang mempesona.

Banyak tamu memilih untuk melakukan perjalanan melalui lanskap Arktik dengan ski dan menginap di pondok hutan belantara yang aman dalam semalam. Pada bulan-bulan musim dingin, matahari terbenam di atas pohon yang tertutup salju adalah pengalaman yang tidak dapat dilewatkan saat cahaya berubah.

Malam hari membawa kesempatan untuk melihat aurora borealis. Selama musim panas, matahari tengah malam adalah tontonan yang aneh bagi banyak orang, dan merupakan pengalaman yang menakutkan namun tidak boleh dilewatkan.

Post Author: Candra